ULANG TAHUN PERTAMA KOTA SUNGAI PENUH

01/06/2010 19:00

SUNGAI PENUH, Jadikan berbagai kendala, hambatan bahkan kekagalan sebagai tantangan untuk melangkah maju dalam membangun, demikian disamaikan Gubernur Jambi H. Zulkifli Nurdin dalam sambubtan tertulisnya yang disampai kan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi Drs.AM. Firdaus M. Si, Sabtu (08/11) pada acara peringatan Ulang Tahun Pertama Kota Sungai Penuh Jambi, yang dilaksanakan di Gedung Nasional Kota Sungai Penuh Jambi.

 

Ditegaskan Gubernur, “hari ini kita memperingati Ulang Tahun Pertama Kota Sungai Penuh, yang artinya kita kembali mengevaluasi dan merevew berbagai hasil kerja dan kinerja kita yang lalu”, dengan berbagai capaian keberhasilan dan beragam kendala yang dihadapi. Berbagai keberhasilan yang dicapai hendaknya selalu diiringi dengan rasa syulur mendalam kehadirat Allah SWT, karena semuanya merupakan rahmat yang telah diberikan – Nya atas upaya dan usaha yang telah dilaksanakan.

 

Sedangkan berbagai hambatan serta kendala bahkan kegagalan yang dihadapi, hendaknya disikapi secara bijak dan jadikan semua itu sebagai tantangan yang mesti dihadapi serta sebagai pelajaran berharga untuk melangkah lebih maju lagi dalam melanjutkan pembangunan dimasa mendatang.

 

Disamping itu Gubernur berharap, berbagai keberhasilan dan geliat pembangunan di Kota Sungai Penuh ini, agar dapat dipertahankan dan dilanjutkan, terutama dalam kaitan pemanfaatan berbagai program pembangunan. Berbagai geliat pembangunan yang telah diprogramkan tersebut merupakan langkah positif dalam meningkatkan daya saing daerah dan kesejahteraan masyarakat, yang pada waktunya akan mampu menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

 

Selain itu dismpaikan Gubernur, sebagaimana sama-sama diketahui bahwa Kota Sungai Pednuh merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Kerinci,yang mempunyai potensi sumberdaya alam yang demikian besar. Potensi ini jika tidak dikelola dan dimanfaatkan dengan baik dan benar, tentunya tidak akan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Kota Sungai Penuh. Oleh karenanya di Hari Ulang Tahun Pertama Kota Sungai Penuh ini Gubernur mengajak semua pihak di Sungai Penuh ini untuk bangkit bersama menggali berbagai potensi yang dimiliki, untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Sungai Penuh khususnya dan kemaslahatan umat pada umumnya.

 

Ditambkan Gubernur, selama satu tahun berjalan, berbagai konflik yang dikhawatirkan oleh banyak pihak akan dapat terjadi, baik konflik yang disebabkan adanya korban dan pengorbanan, kekuatan status quo, yang merasa dirugikan karena adanya pemekaran, semua itu tidak terbukti, hal ini harus disyukuri, kemudan Gubernur menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Penjabat Walikota Sungai Pednuh Drs. Hasviah MTP, beserta jajaran atas upaya dan usaha yang telah dilakukan.

 

Diharapkan Gubernur, kiranya keberhasilan dan prestasi yang telah diraih ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dimasa-masa mendatang, ini akan terus menjadi pengamatan Gubenrur, karena Kota Sungai Penuh berapa pada posisi inclare dalam wilayah Kabupaten Kerinci. Gubernur tidak inginhasil demokratisasi perwilayahan yang telah dicapai ini akan tersia-siakan oleh tarik menarik kewenangan, sehingga terkesan pemerintahan Kabupaten Kerinci setengah hati, sedangkan Kota Sungai Penuh terlalu ambisi untuk mandiri penuh yang otoritarium.

 

Oleh karenya pada kesempatan ini Gubernur berpesan agar pemerintah Kota Sungai Penuh dan masyarakatnya untuk tetap menjaga kebersamaan dan kerjasama yang baik dengan Kabupaten Induknya, Kabupaten Kerinci. Lakukanlah koordinasi, baik secara vertikal maupun horizontal maupun diagonal. Ditambahkan Gubernur, tanpa adanya sinkronisasi visi dan misi, maka tidak akan dapat mendayagunakan sumberdaya alam yang ada, jelasnya.

 

Sebelumnya Pednjabat Walikota Sungai Penuh Drs. Hasviah, MTP, dalam sambutananya menyampaikan, bahwa peringatan Ualang Tahun Pertama Kota Sungai Penuh yang diselenggarakan hari ini dirasakan sangat istimewa, karena tidak terasa Pemerintahan Kota Sungai Penuh telah berusia satu tahun, dan secara historis Kota Sungai Penuh telah berusia 100 tahun (satu abad) sejak ditetapkannya Kota Sungai Penuh sebagai Ibu Kota Hindia Belanda di Keresidenan Kerinci pada tangal 3 Nopmber 1909.

 

Dijelaskan Hasviah, Pemerintahan Kota Sungai Penuh yang dibentuk berdasarkan Undang-undang No.25 tahun 2008 tanggal 21 Juli 2008 dan diresmikan tanggal 8 Nopember 2008 oleh Mendagri dengan berbagai keterbatasan dan kendala yang dihadapi, baik SDM, maupun anggaran pembangunan, namun Pemerintahan Kota Sungai Penuh terus berupaya memanfaatkan kemampuan yang ada dan mencurakan segala upaya untuk memacu pelaksanaan pembangunan di Kota Sungai Penuh yang memiliki luas wilayah 391,5 km dengan jumlah penduduk 87.143 jiwa, dengan kondisi lahan hunian/budaya seluas 159,7 km dan TNKS 231,8 km atau 58,2 persen, terbgi dalam lima Kecamatan dengan 65 desa dan empat Kelurahan.

 

Disampaikan Penjabat Walikota Sungai Penuh, dalam mengimplemtasikan Peraturan Pemerintah No.41 tahun 2007, saat ini Pemerintah Kota Sungai Penuh telah membentuk Perangkat Daerah, yang terdiri dari 16 Instansi masing-masing ; dua Sekretarian, dua Badn, delapan Dinas, dua Kantor, satu Inspektorat, satu Satuan Polisi Pamong Praja dan 41 UPTD yang tersebar di dalam Kota Sungai Penuh, dengan jumlah pegawai sebanyak 2.400 orang.

 

Pada kesempatan ini Penjabat Walikota Sungai Penuh juga menyampaikan berbagai keberhasilan yang telah dicapai, disampaikannya bahwa APBD Kota Sungai Penuh diawal berdirinya hanya Rp.110,9 milyar, ditahun kedua ini, tahun 2010 meningkat menjadi Rp.322,5 milyar atau meningkat sebesar 290 persen. Saat ini Pemeritah Kota Sungai Penuh tengah membangun saran gewdung perkantoran, yang diawali dengan membangun gedung Kantor Walikota tahap pertama dengan amggaran DAK tahun 2009 seniai Rp.3,7 miyar, dan untuk tahun 2010 mendatang menjadi Rp.32,9 milyar, atau meningkat 900 persen.

 

Dismaping itu tambah Hasviah, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Sungai Penuh, Pemerintah Sungai Penuh telah memprogramkan pengobatan gratis, baik melalui Puskesmas, ataupun Tumah Sakit dengan menggunakan pasilitas Jamkeskin, jamkesda, serta melakukan kerjasama dengan berbagai pihak. Demikian juga dibidang pendidikan telah diprogramkan pendidikan gratis dari mulai SD hingga SLTA, sedangkan bidang prioritas pembangunan lainnya di tahun 2010 adalah bidang pertanian dengan membangun irigasi teknis, sehingga sawah yang ada di daerah feri-feri perkotaan dapat ditingkatkan menjadi persawahan irigasi teknis. Kemudian akan segera memperbaiki sarana dan prasarana jalan dalam kota Sungai Penuh, yang ditargetkan di tahuj 2010 dalam Kota Sungai Penuh tidak ad lagi jalan yang berlobang, jelasnya. (Sunarto / fotografer Marzuki)

 

 

 

Sumber : Biro humas dan protokol  

www.jambiprov.go.id